Senin, 26 November 2007

TL 9000

TL 9000, adalah kelanjutan dari sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2000 tetapi khusus untuk perusahaan Telekomunikasi atau pemasok perusahaan telekomunikasi. Sistem manajemen mutu TL 9000 ini diciptakan sebagai solusi terhadap banyaknya sistem manajemen mutu perusahaan Telekomunikasi yang saling punya kekurangan disatu sisi dan saling tumpang tindih disisi lain, sehingga membingungkan fihak yang ingin menerapkan sistem manajemen mutu bidang telekomunikasi tersebut. Dengan lahirnya TL 9000 maka baik fihak pelanggan maupun pemasok kini memiliki bahasa komunikasi mutu yang sama.

Sudah 100 lebih perusahaan telekomunikasi dan pemasoknya diseluruh dunia yang telah terdaftar sebagai perusahaan yang menerapkan sistem manajemen mutu TL 9000, padahal sistem ini termasuk sistem manajemen mutu yang baru diluncurkan versi pertamanya pada tahun 1999, tetapi sekarang dianggap sebagai satu-satunya sistem mutu telekomunikasiyang diterima secara global.

QuEST forum yang melahirkan, merawat, mengembangkan dan mengelola sistem mutu ini menjadi fihak keempat diluar perusahaan, pelanggan, dan auditor badan sertifikasi yang mengolah dan memberikan laporan benchmarking posisi mutu setiap dan posisi mutu jenis produk yang sama diseluruh dunia. QuEST forum juga menyelenggarakan konferensi yang dapat diikuti oleh perusahaan peserta yang bermanfaat sebagai forum diskusi untuk menemukan Best practice dalam pengelolaan sistem manajemen mutu telekomunikasi.

TL 9000 terdiri dari 2 handbook yaitu handbook tentang persyaratan TL 9000 dan handbook kedua berisi tentang bagaimana mengukur kinerja perusahaan terhadap penerapan sistem mutu TL 9000. Hasil pengukuran inilah yang dikirim ke QuEST forum untuk diolah dan dipublikasikan.


TL 9000 berbasis ISO 9001 : 2000. Sampai saat ini TL 9000 sudah memasuki versi ke 4.0. Sistem ini meimplementasi terobosan dalam sistem kontrol mutunya, karena disamping memiliki persyaratan-persyaratan yang harus di implementasi sebagaimana biasanya sistem mutu, dia juga mengharuskan dilakukannya pengukuran (measurement) untuk melihat kinerja sistem manajemen mutunya. Disamping itu hasil pengukuran harus dikirim ke QuEST Forum di Amerika Serikat sebagai Bank Data hasil implementasi TL 9000 di seluruh dunia, untuk selanjutnya ditampilkan dalam profil kinerja dibandingkan dengan profil perusahaan-perusahaan lain yang memproduksi produk sejenis. Manurut saya ini adalah sebuah terobosan baru kontrol mutu dengan menghadirkan fihak ketiga sebagai wasit antara perusahaan dan pelanggannya.

Tidak ada komentar: