Selasa, 17 Juni 2008

ISO 9001 : 2008

ISO 9001 : 2008 adalah standar sistem manajemen mutu Internasioanl. Secara garis besar, ISO 9001 : 2008 berisi persyaratan dan aturan yang diterbitkan oleh International Organization for Standardization yang berpusat di Swiss. Sebuah perusahaan yang memiliki sertifikat ISO 9001 : 2008 yang dikeluarkan oleh Badan Sertifikasi, yang diakui oleh Badan Akreditasi, dapat mengikuti tender atau dapat menerima order dari perusahaan tingkat dunia yang mempersyaratkan sertifikat ISO 9001 : 2008 sebagai bahasa jaminan mutunya.

Kepuasan pelanggan adalah tujuan akhir dari keberhasilan penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001. Sistem manajemen ini melibatkan fihak ketiga, yakni auditor Badan Sertifikasi, yang tidak hanya bertindak sebagi auditor tetapi juga sebagai penjamin keunggulan sistem manajemn mutu perusahaan yang bersangkutan. Sehingga fihak pelanggan tidak perlu repot-repot lagi melakukan audit sistem manajemen mutu pemasoknya tetapi cukup dengan melihat hasil audit ISO 9001 dari Badan Sertifikasi.

Pada akhirnya dengan adanya sertifikat sistem manajemen mutu ISO 9001, maka :

· Kepercayaan dari pelanggan meningkat,

· Citra dan daya saing perusahaan meningkat,

· Order dan keuntungan perusahaan meningkat,

· Peluang memasuki pasar global makin terbuka,

· Produktifitas dan kualitas produk meningkat menyebabkan pemborosan biaya dapat dikurangi,

· Moral dan kebanggan karyawan meningkat karena operasional kerja yang baik, teratur dan konsisten.

Tidak ada komentar: